Pages

Minggu, 10 November 2013

Software Desain Pemodelan Grafik (BLENDER)




          Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang aplikasi yang di gunakan untuk Desain Pemodelan Grafik guna untuk melengkapi tugas Softskill saya .  Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang aplikasi atau software blender . Nantinya saya akan membuat sebuah project menggunakan software blender . Berikut adalah sekilas tentang software blender .

            Sebelum kita mengetahui apa itu blender ? kita harus mengetahui dahulu sejarah dari software blender itu sendiri .




Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan animasi yang bernama NeoGeo. NeoGeo berkembang pesat dan menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda ,bahkan Eropa.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Pada Juni 1998 , Roosendaal mendirikan NaN (Not a Number) untuk mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang , Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
Nah sekarang kita semua jadi tahu awal mula dari blender . Setelah kita tahu sejarah dari blender , saya akan menjelaskan pengertian dari blender dan yang mengenai tentang blender itu senditri .

Blender adalah suatu nama sederhana untuk layanan open source yang keren. Blender adalah sebuah suite open-source yang benar-benar gratis yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D, shading 3D, render 3D, game 3D, dan banyak lagi.

Menggunakan Blender, Anda dapat membuat beberapa model 3D paling realistis yang dapat Anda pikirkan. Anda kemudian dapat menghidupkan kreasi 3D Anda dan bahkan membuat game 3D menggunakan Blender. Berikut adalah beberapa fitur-fitur utama dari perangkat lunak Blender:

•    Modeling – Rentang objek 3D termasuk jerat poligon, kurva B-line, font vektor. Kemampuan multi-resolusi dengan kuas 2D/3D, akses python scripting untuk alat kustom.

•    Interface – Tata letak jendela yang dapat disesuaikan secara keseluruhan, membatalkan dukungan untuk semua level, font anti-alias dan dukungan internasional, tema kustom, dan lain-lain.

•    Animasi – animasi non-linear editor untuk pencampuran, walkcycles otomatis di sepanjang jalan, kemampuan morphing, pemutaran audio dan pencampuran untuk sinkronisasi suara, dan lain-lain.

•    Rendering – Banyak efek termasuk gerakan blur, oversampling, non-square pixel, halo, lensa suar, kabut, dan lain-lain.

•    Realtime 3D/Penciptaan Game - Grafis logis untuk menentukan perilaku tanpa perlu coding, deteksi tabrakan dan simulasi dinamis, dukungan penuh untuk dinamika kendaraan (gesekan, dan lain-lain), mendukung semua mode pencahayaan OpenGL, pemutaran game, dan lain-lain.

 Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
·         Microsoft Windows
·         Mac OS X
·         Linux
·         IRIX
·         Solaris
·         NetBSD
·         FreeBSD
·         OpenBSD.

Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat gamemenggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.


Dengan artikel di atas , semoga saya dan pembaca dapat menambah pengetahuan tentang software blender . Nantinya saya juga akan membuat sebuah project pada akhit tugas softskill ini . Rencananya akan membuat sebuah monorel yang bergerak , project ini tidak saya kerjakan sendiri melainkan berkelompok dengan 4 teman saya . Dan mudah-mudahan project ini dapat terselesaikan pada akhir tugas softkill ini .
Saya dan teman-teman memilih software blender untuk mengerjakan project ini karena salah satunya software ini open source  yang artinya dapat digunakan oleh semua orang dan free . Juga mempunyai fitur-fitur yang mendukung untuk mengerjakan project ini .

Demikianlah artikel saya kali ini , semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca sekalian . Mohon maaf apabila ada kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan , jika ingin menambahkan atau memberikan saran & kritik boleh langsung berkomentar di bawah postingan ini :).

Sumber :